[Just My Opinion] EXO11 & Wu Yi Fan (Kris)

great

EXO11 & Wu Yi Fan (Kris)

Well, kali ini gue mau share apa yang gue rasain akhir-akhir ini tentang yeah… semua exostan pasti tau tentang masalah ini. It’s about Kris’ lawsuit against SM, sebenernya ini juga termasuk salah satu alasan gue jarang update FF akhir-akhir ini (selain karena disibukkan dengan pekerjaan), tapi serius deh, kalo sebelumnya gue ga bisa tidur nyenyak sebelum mainin laptop walaupun cuma satu jam sekarang gue malah bisa dibilang nyentuh laptop aja males, kayak ga ada hasrat/? sama sekali gitu, padahal dari 500GB hardisk gue, 250GB (lebih) isinya EXO (Including music, videos, pictures, files, etc), gila ‘kan? Dan gue yakin banyak yang lebih gila dari gue, karena menurut gue level gue masih antara low-intermediate, belom advance, hahaha, kayak TOEFL aja ya?

Dan perlu di inget, INI PURE OPINI GUE, udah gue capslock sama bold kalo ini pure opini gue, jadi untuk mereka yang ga setuju, atau bahkan merasa tersinggung saya minta maaf dulu deh, orang menyampaikan pendapatnya ‘kan ga ada salahnya, inget, kita hidup di negara yang menganut sistem demokrasi bung! *kenapa jadi NKRI –“

Anyway, alasan gue ngeshare hal ini adalah karena fanwar yang makin panas terjadi belakangan ini #eaa, fanwar-nya bukan antar fandom, tapi antar individu dalam satu fandom –yang-meskipun-belum-punya-nama-resmi- sebut saja exostan. Jujur gue gerah, gerah banget, semenjak berita itu keluar tanda-tanda keretakan di fandom ini emang udah mulai kerasa *cielah bahasa gue* oke, lupakan alay gue yang mode on. Dan setelah gue mempelajari, mencermati dan mencoba memahami/?, gue akhirnya meng-klasifikasikan exostan ke dalam empat tipe.

  1. Those who just believing in EXO11.

Tipe pertama ini bisa dibilang udah nerima kalo akhirnya EXO itu cuma sebelas orang aja, bahkan terkadang tipe pertama ini nganggep Kris itu ga pernah ada, agak ekstrim sih, tapi gue ngerti banget kenapa mereka kayak begini, secara, waktu itu beritanya keluar seminggu sebelum konser pertama mereka, bahkan member juga ga ada yang tau tentang masalah ini, apalagi mereka juga baru ngerilis 2nd mini album “Overdose”, yeah, gue ngerti kalo mereka pasti bakal ngerasa terhianatin dan kecewa banget.

Fans tipe pertama ini nganggep 11 EXO member yang lain itu sebagai korban, secara, mereka itu udah lelah fisik buat nyiapin konser, eh di tambah lelah hati karena masalah ini, dan lelah fisik mereka jadi dua kali lipat karena harus mengubah koreografi mereka dari awal, para member yang bermimpi ngadain konser pertama mereka dengan 12 orang, pada kenyataannya mereka melakukannya hanya bersebelas. #miris, #ohmygodguenangis #tolongsiapapunkasihguetissue.

Gue jadi inget apa yang dibilang Tao kemaren di Happy Camp, “When I walked into the practice room, every member was sweating but smiling and working very hard in every dance move. It was if nothing happened, but I knew everyone was tired, was upset and uncomfortable. And because it can’t be saved, so we can’t let it affect us more…” [Ketika aku berjalan menuju ruang latihan, setiap member sudah berkeringat tapi mereka tersenyum dan bekerja keras pada setiap gerakan dance. Saat itu seperti tidak terjadi apapun, tapi aku tau semua orang sudah lelah, kecewa dan merasa tidak nyaman. Dan karena hal itu tidak bisa lagi di undur, maka kami tidak membiarkan hal itu memberi efek kepada kita lebih banyak].

Jadi intinya, fans tipe pertama ini istilahnya udah move on dan nerima kenyataan EXO cuma bersebelas aja, dan sepertinya member EXO pun sudah begitu, Sehun yang awalnya punya username ig “xlkslb_ccdtks” *ini sumvah alay bikin pusing* , yang merupakan inisial nama dari kedua belas member EXO dari yang paling berumur sampe yang paling bocah secara berurutan/? sekarang ganti username jadi “oohsehun” *Alhamdulillah ga pusing lagi liat uname ni bocah* dan bio-nya yang awalnya “EXO SE HUN” berubah jadi “EXO11”, sejujurnya reaksi gue pas tau hal ini gue langsung mengumandangkan/? kata “Kamvreeeettttt” sepanjang malem, hahaha, but, the most important thing is, gue rasa maknae kita ngajarin kita buat move on and face the reality. (padahal belom resmi out –“)

Dan yang bikin gue sedih ama fans tipe ini adalah, mereka kadang terlalu keras nyalahin, ngehina ato istilah halusnya/? bashing Wu Yi Fan, padahal Wu Yi fan pernah jadi bagian dari grup yang mereka idolain sekarang, dia member yang selalu bikin ngakak member lain karena kelakuannya yang kelewat pea –“, ya walaupun saat ini di tulis Wu Yi Fan belom resmi out, kita semua kan juga belom tau apa alasan sebenernya dia ngelakuin ini, jadi yeah untuk mereka emang memilih untuk ‘tidak peduli’ dengan Wu Yi Fan silahkan saja, itu pilihan kalian, tapi gue mohon jangan bashing dia.

  1. Those who just stay in Wu Yi Fan’s side.

Yeah, bisa dibilang ini FanQin garis keras, kenapa gue bilang begitu? Karena beberapa dari mereka, *walaupun ga semuanya sih* malah berubah jadi antifans EXO, mereka melupakan fakta bahwa Wu Yi Fan di kenal juga dari EXO, sekarang coba deh bayangin seadainya Wu Yi Fan ga pernah debut bareng sebelas member yang lain, kita pasti ga akan pernah tau ada orang yang gantengnya bisa bikin orang tahan nafas dan nahan boker/? itu ‘kan?

Gue bilang gini bukan berarti gue ga ngehargain fans tipe ini, gue hargain kok, sangat menghargai malah, setiap orang ‘kan punya hak buat milih siapa yang mereka suka, *kaya mau pilihan capres aja*, tapi gue cuma mau bilang, jangan lupakan dari mana dia berasal, kalo kalian milih untuk “Just look at Wu Yi Fan” yah ga usah bashing member lain, jangan salahin mereka, para member itu ga tau apa-apa tentang keputusan Wu Yi Fan yang mendadak ini.

Emang GA SEMUA FanQin seperti itu, tapi kemaren yang paling bikin gue sedih adalah BEBERAPA dari fans tipe ini ngehina Baekhyun karena dia dating dengan Taeyeon, mereka bilang Baekhyun bikin nama EXO buruk lah apa lah, hey, sekarang gue tanya, emang ada yang salah ya dengan pacaran? Mereka udah dewasa dan mereka emang udah di umur dimana mereka ngerasain pahit-manisnya pacaran, bukan gue sok bijak, tapi kalo emang kalian milih “Just look at Wu Yi Fan” Then just look at him, ga usah bashing member yang pernah seperjuangan ama Yi Fan.

Mereka… kesebelas member EXO yang masih stay itu pernah nangis bareng Yi Fan, pernah ketawa bareng Yi Fan, mereka latihan bareng, capek bareng, bahkan mereka juga sandaran Yi Fan kalo Yi Fan lagi ngalamin waktu sulit, Suho aja pernah bilang “Sometime Kris find me and lean on me without other members knowing” [Terkadang, Kris akan mencariku dan bersandar kepadaku tanpa member yang lain tau] di waktu lain Suho juga pernah bilang, “Last year [2013], the first person who gave me surprise and wish me happy birthday was Kris” [Tahun lalu [2013], orang pertama yang memberiku kejutan dan mengucapkan selamat ulang tahun kepadaku adalah Kris]. *My KrisHo feels~ /abaikan/*

Kalo udah kaya gitu apa kalian masih mau bashing member lain? Mereka sayang sama Yi Fan begitu pun sebaliknya, despite fakta kalo saat ini hubungan mereka agak renggang tapi gue yakin kalo mereka itu saling kangen, emang kedengeran sotoy sih, tapi hey, siapa sih yang ga kangen ama Galaxy hyung? Jadi gue cuma mau mohon ama FanQin garis keras yang “Just Look at Wu Yi Fan” and bashing the remaining members just stop what you’re doing, sekali lagi gue mohon, gue kasian ama member lain, seriusan deh, just become mature FanQin, update terus beritanya dan apapun yang dia lakukan, keep support Yi Fan dengan positif , okay? Wu Yi Fan pasti juga ga pengen kalian bashing member lain #sotoy.

  1. Those who believe in EXO12.

Jujur ini rada nyesek, bukan rada, tapi emang nyesek banget sih, secara, ini sudah lebih dari sebulan dari masalah yang bisa dibilang ga tau kelanjutannya gimana, tapi mereka, mereka yang percaya kalo EXO bakal selalu 12 orang itu ga pernah lelah buat berdoa setiap malam kalo Kris bakal balik *okesip ini lebay*, tapi intinya mereka ga pernah berhenti berharap kalo Kris bakal balik. *disini gue pake Kris ya, bukan Wu Yi Fan, soalnya for those who believe in EXO12 bakal selamanya manggil dia Kris*

Apalagi pas berita Kris dan SM bakalan melakukan mediasi tanggal 8 Juli keluar, mereka yang hold on biar EXO tetep 12 langsung syukuran *lebay kumat*, tapi intinya mereka seneng, mereka masih melihat adanya harapan kalo Kris bisa stay di EXO.

Fans tipe ini biasanya kerjaannya tiap hari ngunjungin official website EXO buat mastiin nama Kris masih ada disana, menurut mereka, dengan tercantumnya nama Kris di official website berarti kesempatan untuk mempertahankan Kris disisi mereka masih ada. #ehguenangislagi #tolongdongkasihguetissue.

Fans tipe ini biasanya lebih memilih untuk diam ketika ada fanwar antara yang EXO11 vs FanQin garis keras, fans tipe ini biasanya berpegang teguh/? Dengan kalimat “Different people different opinion” [beda orang beda pendapat], dan yang paling bikin gue nyesek, fans tipe ini keliatan strong diluar tapi sebenernya di dalem mereka itu yang paling rapuh dan lelah, mereka lelah dengan masalah yang belum ketemu titik terang ini, banyak mereka yang bilang pengen menyerah tapi mereka ga bisa bohongin hati mereka kalo mereka masih berharap, bahkan sangat berharap Kris akan kembali.

Dan untuk fans tipe ini, gue kasih standing applause for your strong heart guys :’)

  1. Those who stan for both sides [EXO11 and Wu Yi Fan]

Kalo menurut gue, tipe fans kaya gini itu tipe fans yang paling pengertian dan mungkin yang paling mature, fans tipe ini menghargai keputusan Wu Yi Fan tanpa peduli apa alasan sebenernya dia ngelakuin itu dan keep support him, mereka percaya kalo Wu Yi Fan pasti punya alasan yang kuat, mereka juga tipe fans yang sangat sadar kalau apa yang mereka lihat di layar/apa yang mereka liat dari luar itu ngga semuanya kenyataan.

Dan fans tipe ini biasanya hold on banget ama kesebelas member yang tersisa biar ga ada yang keluar lagi (padahal Yi Fan belom resmi out saat saya menulis ini), yah mungkin mereka punya prinsip ‘cukup sekali merasakan sakit’ #eaaa, mungkin juga mereka belajar dari prinsip ‘untuk apa kita punya satu bias kalau kita bisa punya banyak bias’, jadi mereka terapin jadi, ‘Untuk apa kita ikut salah satu kubu/? Kalo kita bisa stay di dua kubu/?”, hahaha, asumsi gue aneh banget.

Fans tipe ini bisa dijadiin penengah kalo ada fanwar karena memang mereka itu ngerti gimana perasaan/? kedua sisi, fans tipe ini 11-12 lah sama yang believe in EXO12, Cuma bedanya yang EXO12 masih sangat berharap kembalinya Kris, nah kalo yang stan for both sides ini udah terima kalo pada akhirnya Kris emang keluar, mereka berpendapat, ‘meskipun Kris keluar kita ‘kan masih bisa support dia, bukan berarti dengan keluarnya Kris kita ga bakal denger kabar dia lagi ‘kan?’.

Intinya fans tipe ini itu, ‘Hoping for the best and preparing for the worst’. *prok prok prok*

-***-

Dari no 1-4 diatas itu murni pendapat gue, sekali lagi gue minta maaf jika ada yang merasa tersinggung, silahkan bashing saya gapapa, tapi jangan bashing member, disini yang paling mempunyai beban fisik maupun psikologis itu ya kedua belas orang yang kelewat cakep itu, mereka itu udah menghabiskan bertahun-tahun bersama, ikatan persahabatan bahkan mungkin persaudaraan mereka itu sudah pasti kuat banget, apalagi setelah di terpa masalah kayak gini, mereka pasti akan semakin hold on and rely each other, right?

Secara, mereka training bareng, lelah bareng, ketawa bareng, nangis bareng, mereka selalu bareng kapanpun dan dimanapun, (mungkin boker juga bareng, soswit sekali~), seandainya nanti mediasi tidak membuahkan hasil dan pada akhirnya Kris akan tetep keluar dan mereka pisah, mereka pasti ga akan ngelupain kenangan diantara mereka… Bahkan padlock yang bertuliskan “EXO Forever Together” yang di tulis Kris masih tergantung indah/? Di Namsan Tower. Mungkin secara fisik/? Mereka emang pisah, tapi siapa tau gimana isi hati mereka? Iya nggak? #tumbenguebijak

Sekali lagi kalo Kris emang bener-bener leave dan memungkinkan kita untuk tidak melihat adanya OT12 lagi di masa depan, seenggaknya kenangan waktu mereka masih berdua belas ‘kan masih ada di hati kita masing-masing, sacara alami kita ga akan ngelupain kenangan yang pernah bikin kita senyum walaupun sekali ko~

EXO12 yang pernah bikin kita senyum, ketawa, bahkan mungkin ngakak ga berhenti-berhenti karena tingkah pea mereka pasti ga akan dengan mudah ilang dari hati dan pikiran kita ‘kan? Biarlah semua itu jadi kenangan indah yang seenggaknya bisa bikin kita narik sudut bibir kita buat senyum.

Gue nulis ini sebenernya tujuan gue cuma satu, jangan ada lagi fanwar antar individu di fandom ini, semua orang punya hak untuk memilih siapa yang mereka suka dan memilih mereka ikut kubu yang mana, inget, kita pernah satu, kita pernah bareng-bareng dukung EXO, sekarang meskipun terpecah jadi beberapa bagian/? Tapi intinya kita masih ngedukung orang yang sama ‘kan? So, kenapa kita ga saling menghargai pendapat serta pilihan orang lain dan melanjutkan hidup kita masing-masing/? dengan jalan yang kita pilih/? Tentunya tanpa adanya bashing each other.

Disini gue bukan sok bijak, tapi disini sekali lagi gue tegasin kalo gue cuma mau ngungkapin pendapat gue, mau menyuarakan opini gue, kalo kalian ga setuju, bahkan merasa tersinggung gue minta maaf banget, kalian bisa bashing gue dan gue akan terima dengan lapangan sepak bola ^^

Kalian bisa bashing di kolom komentar, ato kalo mau bashing langsung lewat acc pribadi gue juga gapapa, gue persilahkan, ato mungkin yang malah mau cerita/curhat ke gue juga ga masalah~

 

~EXO Foreve12 Togethe12~

37 thoughts on “[Just My Opinion] EXO11 & Wu Yi Fan (Kris)

  1. kakak!!! kau masih mengingatku /semoga iya ‘-‘/ aku yg di twitter dgn acc @/jhulia_chum yg skrng berubah menjadi @mikimousehun itu lohh /sumpah ini gak penting/ 😀

    KAKAK, DENGAN BANGGA DAN TEGAS AKU MENGATAKAN, AKU SETUJU BANGET SAMA TULISANMU INI!!! /capslock jebol maaf/
    Aku ngerasa tulisan ini aku banget lah! Aku sangat sangat setuju sama pendapat atau opini kk di tulisan ini! :’)

    Jujur semenjak kasus kris ini, bnyk banget fanwar bertebaran di tl twitter dan itu sesama exofans sendiri (dan itu yg ngebuat aku males buka twitter) -_- sakit kak, sakit banget rasanya denger hinaannya mrk yg masing” berpegang teguh sama pendiriannya! Mungkin aku masuk kategori fans no 3 dan 4 klo di perhatikan sih hoho. Serius kak aku sampe nangis baca tulisan ini, serius nangisnya sama banget wkt awal” denger kris leave dr exo! :’)

    nangis banget di bagian Tao sama Suho di tulisan kk, walaupun blm nonton happy camp /kuota habis kampret banget/ tp terharu banget sama mrk. Mrk itu msh syg banget sama kris, syg banget walaupun ada satu titik mrk kecewa sama kris. Inget juga kak, wkt exo konser TLP seoul awal lalu, kris yg awalnya menghilang bahkan on weibo buat nyemangatin mrk /walaupun gak secara langsung/ tp aku tau disana kris msh support mrk dan aku sampe jingkrak jingkrak saking senengnya, msh kangen kebersamaan mrk selama 2 tahun ini sbg EXO. Wkt shooting happy camp juga kris on weibo lagi buat ngasih dukungan! aku setuju banget sama fans no 3 yg masih menjunjung tinggi EXO12 dan sampai skrng msh berharap kris stay di exo. Dan lebih salut lagi sama fans no 4, mrk adalah fans-fans dewasa yg gamau mentingin satu kubu, tapi kedua kubu mrk tetep support!

    Kita bahkan sama kak, wkt kasus kris di awal2 aku bahkan berhenti nangkring (?) di depan laptop dan rasanya males banget buat ff. Dan akhirnya hiatus panjang :’) dan bener banget! Hampir seluruh isi laptop itu isinya exo semua. Bukan hampir lagi mungkin, tp semua! Aku banyak denger beberapa exofans pindah fandom dan curhat klo mrk habis ngehapus semua yg berhubungan sama exo di laptop mrk dan mencoba ngelupain semua. Aku nangis lagi baca itu, aku pengen banget bilang ‘Lo sama aja ngejilat ludah sendiri. Dari awal lo udh menetapkan jadi fans mrk knp skrng gara” satu orang pergi lo langsung berubah pikiran gitu aja! Gila bulshit semua itu!’ serius kak pengen banget bilang gitu, tapi takut fanwar akan terpancing gara” itu 😦 Sedih banget denger exo yg dulunya bikin ketawa ngakak skrng malah bikin nangis berkepanjangan. Wkt Sehun ngubah username sama bio ig nya aku langsung lemes seketika. Aku pikir tu anak bakal tetep mempertahankan sang ayah (Kris) /ini apalagi/ tapi akhirnya dya nyerah dan yaa aku tetep mencintaimu maknaeku (?) /abaikan ini kak/ /? Suho juga! Pkoknya KrisHo itu selamanya bakal jadi leader tercinta di hati beberapa exofans yg masih support mrk sampai kapanpun 🙂

    Intinya adalah, EXO dikenal dgn 12 membernya. Walaupun salah satu mungkin akan pergi dan tersisa hanya OT11 atau EXO11, tp kenangan 2 tahun itu gak akan pernah di lupain gitu aja. Km bener kak, kris itu sebelumnya bagian exo, orang bnyk pst ngenal dya adalah member exo jadi walaupun udh bnyk yg ngikhals’in tp harapan dya buat balik dan stay msh ada walaupun sedikit :’)
    EXO12 FOREVER TOGETHER! EXO WE ARE ONE! EXO SARANGHAJA ❤
    Pengen banget denger teriakan itu lagi dengan member lengkap :') hoho

    Maaf kak klo itu comment panjangnya kaya jalan tol /.\ aku cuma pengen curcol sama kk yg kebetulan pemikiran kita sama banget! Cuma mau bilang semua yg ada di tulisan ini adalah perasaanku juga kak. Jadi gak perlu di jelasin lagi karna ini udh mewakili banget lah :'D Makasih bnyk kak Acha :*. Makasih jg udh jadi bagian dr kita (EXOFANS). Makasih jg kak tulisan ini mewakili kita banget. Makasih juga udh bersikap dewasa ngadepin kasus ini. Makasih jg buat cinta kk sama EXO dan Kris. Dan makasih jg udh buat aku nangis mewek skrng :'D Kak acha saranghae~! ❤ hihihi /oke cukup keSKSD'an ku kali ini/

    • Pasti dong inget~
      Aku pasti inget setiap orang yang komen di wp aku ko~
      Iya, aku juga tau kalo kamu ganti uname jadi @mikimousehun, kita kan saling pollow~
      Eh tp Sehun kan putih banget hampir albino, itu miki mouse kan item –”

      Iya…
      Aduh, Kris itu sayang banget ama membernya, dia kan keliatan banget kalo selalu negjagain member walopun dalam diam, #eaaa, emang hati ayah banget dia mah

      Sehun mah masih bocah labil, wajar aja dia gitu, tapi dia bilang alasannya nulis EXO11 itu soalnya ga ada yang akan bisa gantiin Kris di EXO, *terharu*

      Iya, EXO FOREVE12 TOGETHE12

      • slr kak, aku baru liat ^^
        makasih udh inget sama aku yg unyu ini /apaan/ 😀
        entah kenapa aku pengen mengaitkan sehun sama tikus kak ‘-‘ walaupun beda jauh banget! tapi kan sama ” unyu 😉 *wink

        bener kak setuju! dya itu sebenrnya kan msh syg dan cinta sama member lain, dya bukan penghianat walaupun bnyk yg nilai begitu -_-

        iyakah kak ? aww terharu sama maknae satu itu :’) son and daddy kebanggaan itu muka” western /lirik sehun kris/ :*

        yes! I agree with you~

      • aduh iya suka banget dah muka-muka western-korean gitu :* pengen cubit trus bawa pulang /? wkwkw

    • silahkan aja kalo mau curhat, saya akan mendengarkan dengan setia /ini apaan/
      Ga usah terimakasih karena kita itu ada di perahu yang sama, aigu~
      Jangan nangis adek…
      Nado saranghae :*

  2. Aku setuju banget kak sama tulisan ini. Miris emang antara fans EXO jadi pecah – pecah gitu ya :’)
    EXO sedang diuji Tuhan kayaknya. Aku berharap ujian itu segera berakhir.

    Aku termasuk fans baru EXO, sedih banget pas tau kabar buruk akhir – akhir ini, mulai dari Bekhyun yang ketauan pacaran sama Taeyeon, minum minuman keras belum lagi Kriss dikabarkan hengkang. OH MY GOD siapa yang gak sedih coba?

    Trus ditulisan ini katanya banyak yang bashing member lain? padahal dia fans EXO kan? miris miris bingitttss sumpah. apalagi liat salah satu berita online yang menyebutkan ‘fans menuntut Baekhyun keluar dari EXO’. Masa fans EXO ada yang nyuruh Baekyun keluar? Oke kita gak tau ya itu fans atau sebenarnya oknum?

    Pokoknya aku berdo’a yang terbaik aja deh. Semoga Tuhan memberi keputusan yang menyenangkan semua pihak. Amin

  3. haha aku liat postingan ini gara2 julia tuh yg ngereblog , stelah aku baca . pertamanya aku merasa tipe fans yg per1 . karena sempet kesel waktu denger kris mau main film . tapi aku juga mikir “toh hidup2nya dia , walaupun blm resmi keluar tapi itu impian dia” . jujur aku ngebias Baekhyun , waktu baru2 beritanya keluar aku simpatik sama. kris dan bangga sama Baekhyun . dari sekian member exo yg punya instagram trus mereka pada unfollow kris , cuma Baekhyun yg masih stay follow dia . disitu aku punya 2 pemikiran negatif dan positif . negatifnya : Baekhyun kaga sempet buka instagram trus jadinya ga bisa unfollow kyk member exo yg lain . positifnya : Baekhyun tetep mau nganggep kris apa adanya , walaupun keputusannya membuat member exo yg lain kesusahan . dan yg bikin aku kecewa bbrp hari kemudian , Baekhyun unfollow kris dan itu sukses bikin aku agak kecewa sama Baekhyun . Tapi itu ga sampe berlarut2 dan akhirnya aku ga mempermasalahkann hal itu lagi karena mungkin Baekhyun juga ngerasa kesel atau cuna ikut2an ? ga tau deh .
    Tapi skrg aku menyimpulkan kalo aku trmasuk tipe ke4 , bukan karna dipostingan kakak itu tipe paling bagus ya .
    cuma aku ngerasa aja emang , aku ttep support exo yg bersebelas kok , tapi aku maih juga support kris . sbg bukti aku masih stay fillow akun instagram kris . aku sih juga ga tau ini trmasuk pmbuktian atau engga . tapi aku sih trmasuk tipe ke4 . karena walaupun aku ngebias Baekhyun tapi ku tetep suka Kris kok 🙂 . kayaknya commentku kepanjangan deh kak . abis suka baanget sama postingan kakak .
    thanks to juliahwang and absolutely you ❤ .
    EXO SARANGHAJA !!!❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤

    • Iya, emang seharusnya orang-orang itu harus jadi fans tipe yang nomer 4, mereka bisa stan kedua sisi tanpa adanya bashing, bayangin betapa damainya dunia/? kalo fans.nya gitu semua 😀

      Gapapa, curhat ke saya juga boleh, hehe, thanks for your support,
      EXO foreve12 togethe12~

  4. Setuju banget nih kak setuju !!
    Aku yang bagian mana ya kayanya yang tetep pengen EXO 12 deh ya
    Ngerasa seneng gitu baca post-nya kaya plong aja gitu kak
    Thanks ya kak udah nyadarin kita-kita ini thanks banget

  5. sebelumnya gw setujuuuuu bgt ama postingan ini… pengen punya tmen exofans yang sepemikiran kaya gini…
    menurut gw ya maaf sebelumnya ini juga just my opinion
    sekarang perasaan dan fokus gw hanya sama yg nomer 1 EXO11..
    gw awalnya masih ttep percaya kalau kris or wu yifan itu bakal ttep di EXO dan salahin SM..
    aku juga terus berharap kris bkal trus di exo….
    tapi setelah lihat instagram Sehun dan berita film kris keluar dan jadwal mediasi keluar
    blaaaammmmm hancuurr harapan sama exo12.. #maknaebikinsedih
    aku ga benci sama kris atau pun bash dia, buat apa bash kris toh dia ga akan mengubah keputusan. bashing itu hanya akan memperburuk suasana dan akan di manfaatkan oleh para haters agar benci exo.
    tapi gwhanya kecewa sama yi fan.. kecewa di sini hanya gw yang rasain..
    antara miris liat member yang berjuang buat konser selama seminggu dan buat konser” lainnya dan sama kata-kata mereka di happy camp dan lay weibo post..*nangisjuganigw*
    di situ kaya kita udah bener” ngerasaain kesedihan dan perjuangan kerjakeras mereka..

    jadi mulai sekarang gw hanya fokus dengan kegiatan EXO11 dan hanya EXO11..
    EXO12 hanya kenangan dalam dua tahun… 2 tahun itu udh bikin hidup gw bner” seneng dan berwarna… dengan liat tingkah mereka yang kaya bocah dan pea” bikin gw di sebut orang gila di rumah.. Kris hanya kenangan dan ga akan terlupakan buat gw…
    tapi Wu yifan sekarang entahlah tidak ada respect dari hati gw buat dia….

    so sorry kalau gw sekarang bener” udah terima sama EXO11 dan hanya support EXO11..
    its just my choice and my opinion… ingatlah kata” exo di happy camp kemarin ^^

    thx bgt buat chafishy udh post kya gini.. gw bner” suka blog postingan lo ini ^^….

    • Iya, emang, setiap orang punya pendapat dan pilihan mereka sendiri, kalo kamu milih untuk juast in EXO11 itu emang pilihan kamu 🙂
      Aku ngerti banget kok gimana perasaan kamu yang mungkin terhianatin banget ama keputusan Yifan, silahkan saja, kalo kamu memilih untuk ‘sudah tidak peduli’ ya gapapa, tapi satu, jangan bash dia, seperti yang kamu bilang kalo bashing itu malah bikin runyem 😀
      Makasih ya~

  6. Chingu-ya…q suka tulisanx q jg ga’ suka lo’ ada fans yg terlalu fanatik kaxak gtu sma idolax. Seorang idola kan jg manusia puxak kepentingn pribadi dan ga’ slalu hrus dipublikasikan smuax. Dan waktu q liat happy camp tgl 5 kemrin q jd sdar mereka smua sling menyangi plagi pas part lay dn tao untuk ngungkpin pa itu arti saudara nyentuh bnget pokokx buat EXO SARANGHAJA….WE ARE ONE

    • Iya, kita sebagai fans emang ga berhak buat nyampurin kehidupan pribadi mereka, iya, happy camp kemaren itu bener-bener ngebuktiin kalo kasih sayang antara mereka itu dalem banget :’)

  7. ahh.. kok gue berasa mau nangis sih kak liat kalimat ” Sekali lagi kalo Kris emang bener-bener leave dan memungkinkan kita
    untuk tidak melihat adanya OT12 lagi di masa depan, seenggaknya kenangan
    waktu mereka masih berdua belas ‘kan masih ada di hati kita masing-masing”
    aduuhhh 😥
    jujur aja, gue tipe fans nomer 3. yg sebenernya sampe sekarang masih berharap suatu saat kris bakal balik ke exo lagi 😦

  8. Baca note ini rasanya jadi nyesel pernah berpikiran buruk sama wufan qeqe 😦
    walaupun masih ada rasa kesel sama wufan qeqe tapi tetep ajah masih falling in love sama dia hihi
    kalau baca komentar” tentang OTP11 vs wufan itu rasanya dongkol abis,
    H*LL mereka selalu men-judge salah satu pihak, dan itu buat gue bener-bener muak sama mereka.
    Tau apa sih mereka tentang life real para member, semua punya alasan kenapa ga bisa bertahan dan tidak mempertahankan.
    Gue ga percaya tentang omongan orang yg bilang kalo EXO11 itu ga mempertahankan wufan,
    dan gua juga ga bisa berharap kalau wufan balik lagi ? Why ? Itu cuma bikin awkward ajh hehe

  9. aduh baru banget baca postingan kamu ini *kak? dek? yaudah manggilnya cha aja yah*, cha dan ini sukses banget bikin nangis sesenggukan *hikhhh. makasih karna udah nulis dan ngepost opini kamu ini. aku bemer bener terhibur(?) karna semua yang kamu tulis ini bener bener suara hatiku yang selama ini aku simpan untukku saja *apabangetbahasanya. jujur aku masih salah satu fan yang nomer 3. tapi aku juga salah satu fan yang nomer 4. walaupun aku udah bener bener ngikhlasin kris, eh wufan, pergi dari exo tapi aku juga kadang diem-diem berdoa biar dia bisa balik lagi jadi kris. tapi semakin aku pengen dia balik ke exo, semakin aku kasian ama dia. kalopun dia balik lagi pasti bakal ada sesuatu yang beda, kaya canggung gitu sama member yang lain. dan kalopun dia balik ke exo pasti dia bakal di bash lagi. jadi itusih dilema seorang fan ot12 yang udah bisa move on. baiklah mungkin saya banyakan bacot disini, maafin ya cha. tapi sekali lagi I totally agree with you^^

  10. suka sama tulisan ini,setuju sama isinya 🙂
    aku cenderung menjadi fans no.4 yang terkadang tiba2 condong ke no.3 (ya ampun,pas banget sama yang diomongin authornya)
    suka banget kata2 ini ‘Untuk apa kita
    ikut salah satu kubu/? Kalo kita bisa
    stay di dua kubu/?”
    jujur,aku bukan sepenuhnya exo l,aku elf tapi aku suka juga ngefans exo, dan biasku di exo itu kris (ya biar aku suka sehun,lay,beagle line juga), dan aku kaget banget waktu denger kabar kris ngajuin tuntutan (seriusan,aku sempet nangis di masa2 itu)
    yah tapi apapun yang terjadi semoga yang terbaik,amin

  11. Annyeong kak aku reader baru,salam kenal ^^
    Emg sih kak telat bgt baca postsan ini
    Pertamanya aku sempet nganggep kris itu pengkhianat,egois,dan nggak peduli sama exo bahkan aku sempet mau ninggalin dunia k-pop karna aku rasa semuanya itu cuma kepalsuan doang
    Tapi akhirnya aku sadar toh itu jg hidup dia, yang ngejalanin dia, dan yang bikin aku kaget dia tetep support exo /jadi terharu/ /lap ingus/
    Aku juga salut sama si maknae karna dia nggak mau kris tergantikan
    Kayaknya aku tipe fans nomer 3 deh kak soalnya belom bisa move on dari OT12 apa lagi sekarang ditambah hengkangnya luhan tao,tapi tetep support mereka
    Ya Allah berat bgt cobaan exo-l 😥
    Dan aku juga salut sam exo-l yang sampe sekarang masih tetep dukung exo
    Exo we are one~
    Exo saranghajaa~~

Tinggalkan Balasan

